Minggu, 15 September 2019

PENYULUHAN PENYAKIT TIDAK MENULAR DI JORONG MERCU


Sungai Kunyit, nagarisungaikunyit.blogspot.com- Puskesmas Mercu melaksakan penyuluhan kepada warga tentang program kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM), di Jorong Mercu Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan, bertempat di Mesjid Mablaghul Ulum Mercu, Jum’at (13/9/2019). 

Kegiatan ini diikuti lebih dari 50 orang warga, yang hadir antusias dalam mengikuti penyuluhan tentang PTM. Materi penyuluhan ini meliputi penyakit Diabetes (Gula darah), Hipertensi (Darah Tinggi) dan Reumatik.
 

Acara dibuka oleh Kepala Jorong Mercu, Bapak Ikhsan Eka Putra, dalam sambutannya beliau berharap agar masyarakat dapat memahami materi yang disampaikan oleh pihak Puskesmas Mercu sehingga dapat menanggulangi terkena penyakit tidak menular. Kepala Jorong juga mengingatkan kepada warga tentang beberapa; agar warga melakukan pengecekan kesehatan secara rutin dan berkala, agar warga berprilaku pola hidup sehat seperti memakan makanan dan minuman yang sehat (makan sayur dan buah-buahan), tidak merokok, serta berolah raga, dan mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam sayur-sayuran sebagaimana yang telah di programkan oleh TP-PKK Nagari.
 

“Saya berharap Pihak Kesehatan, Kader dan Warga Jorong Mercu  berkomitmen untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara melakukan pemeriksaan rutin guna mendeteksi faktor resiko penyakit tidak menular, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan  ini dapat mengingatkan kita kembali agar lebih peduli terhadap PTM ini,” ucap Ikhsan. 

Dr. Miko Akmaroza, dari Puskesmas Mercu dalam penyampaian materinya menerangkan tentang pengenalan, pencegahan serta pola perilaku hidup sehat guna mengantisipasi terkena penyakit tidak menular. Disampaikan Dr. Miko, berdasarkan hasil penelitian dibidang kesehatan beberapa penyakit tidak menular justru berada diperingkat atas dan penyumbang angka kematian dan kesakitan yang tertinggi, antara lain penyakit jantung dan diabetes melitus.
 

Dalam penjelasannya Dr. Miko menyebutkan ada beberapa penyebab atau faktor-faktor yang dapat menimbulkan Penyakit Tidak Menular tersebut yaitu melakukan diet yang salah, kurang berolahraga, meminum-minuman beralkohol, merokok, penyakit kegemukan, hyperglikemia, tekanan darah tinggi, kelebihan kolesterol, serta bahkan sakit yang ditimbulkan akibat cidera dan juga kecelakaan.
 

“Dengan melaksanakan kegiatan penyuluhan ini, diharapkan masyarakat dapat mengenal tanda, gejala, dan pencegahan tentang penyakit tersebut. Sehingga bisa mengurangi resiko penyakit bertambah parah atau bahkan mengurangi resiko kematian dengan bertindak lebih cepat, tepat dan akurat. Dan pengetahuan tersebut bisa ditularkan minimal kepada keluarga dan tetangga”. Imbuh Dr. Miko. 

Hadir dalam penyuluhan, Kepala Jorong Mercu (Ikhsan EP), Pimpinan Puskesmas Mercu (di wakili oleh Dr. Miko Akmaroza), Bidan Desa (Deby A), Perawat (Linda S), Kader Posyandu, Kader Lansia, tokoh-tokoh masyarakat dan Warga setempat.


Sumber berita & Foto : Ikhsan Eka Putra (Kepala Jorong Mercu)

Scribe/admin, Rusnijal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Nama Nama Perangkat Nagari Sungai Kunyit

Nagari Sungai Kunyit Memiliki Struktur Perangkat Sbb : Wali Nagari Sekretaris Nagari Kepala Seksi (3 Orang) Kepala Urusan ( 2 Or...

Entri Populer