Senin, 16 September 2019

PELATIHAN MENJAHIT KELOMPOK DASAWISMA TARATAK SUNGAI SUNGKAI


Sungai Kunyit, nagarisungaikunyit.blogspot.com- Nagari Sungai Kunyit mengadakan kegiatan Pelatihan Menjahit bagi kelompok Dasawisma Taratak Sungai Sungkai Nagari Sungai Kunyit, selama 25 Hari Kerja di mulai dari Hari senen tanggal 16/09/2019 s/d hari Jum’at tanggal 18/10/2019 bertempat  di Aula Kantor Wali Nagari Sungai Kunyit.

Perubahan zaman semakin maju dan modern, kebutuhan manusiapun turut meningkat. Masyarakat sebagai konsumenpun meningkat kebutuhannya. Salah satu kebutuhan Primer masyarakat adalah kebutuhan akan sandang atau pakaian. Pakaian tidak hanya dipakai untuk menutupi dan melindungi diri saja, tetapi juga untuk keindahan. Oleh karena itu muncullah mode pakaian. Mode pakaian terus berkembang pesat sehingga pakaian menjadi industri yang cukup diperhitungkan. Adanya pelatihan menjahit bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang menjahit dan industri pakaian.

Keterampilan menjahit yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan keterampilan dan menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan pada gilirannya akan membantu pemerintah dalam mengembangkan sektor industri kecil dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat itu sendiri. Bagi masyarakat kelas menengah kebawah sangat bermanfaat dalam membantu perekonomian mereka.

Dalam sambutannya Wali Nagari Sungai Kunyit, Rusnijal, S. IP,  mengungkapkan bahwa “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Ibu-ibu dan Generasi Muda. Kegiatan kali ini adalah untuk ketiga kalinya di adakan di Nagari Sungai Kunyit. Tahun 2017 di ikuti oleh UP2K Seroja Jorong Log Batu Sandi, Tahun 2018 di ikuti oleh UP2K Teratai Jorong Sungai Takuk dan Tahun 2019 ini di ikuti oleh Dasawisma Taratak Sungai Sungkai. Kegiatan ini bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2019 sejumlah Rp. 64.227.000,-. Setelah Pelatihan nantinya Peserta di berikan bantuan 4 Buah Mesin Jahit dan 1 Buah Mesin Obras. Dalam kegiatan ini di ikuti oleh 17 orang peserta”.

Dalam Ulasannya Wali Nagari Sungai Kunyit mengungkapkan “bahwa upaya meningkatkan usaha pendapatan keluarga di Nagari Sungai Kunyit ini, kami merencanakan akan menyelenggarakan program Pelatihan Menjahit secara berkelanjutan. Menjahit merupakan salah satu jenis ketrampilan dan usaha yang dapat dilakukan oleh siapa saja karena usaha ini tergolong murah biayanya dan mudah untuk dipasarkan hasilnya.”

Camat Sangir Balai Janggo diwakili oleh Bapak Azwirman, membuka secara resmi acara Pelatihan Menjahit ini, dalam Sambutanya beliau mengatakan tujuan dilaksanakannya pelatihan ini untuk memberikan keterampilan kepada ibu ibu dan remaja putri.
“Pelatihan Keterampilan Menjahit ini diadakan sebagai upaya strategis untuk membekali Masyarakat dalam penguasaan keterampilan yang dapat digunakan untuk mencari nafkah,” Ungkap Pak Azwirman.

“Setelah mengikuti program ini Peserta Pelatihan diharapkan mampu memperoleh ketrampilan dalam menjahit dan mampu untuk mengembangkan usaha, sehingga taraf ekonimi Peserta Pelatihan meningkat.” Pak Azwirman menambahkan.

Terlihat hadir dalam pembukaan Pelatihan Menjahit ini, Camat Sangir Balai Janggo (dalam hal ini diwakili oleh Bpk Azwirman), Wali Nagari Sungai Kunyit, Ketua TP-PKK Nagari Sungai Kunyit, Kasi dan kaur Nagari Sungai Kunyit, Instruktur/Pelatih Menjahit, Peserta Pelatihan serta tamu undangan lainya.
Subcribe/admin, Rusnijal.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Nama Nama Perangkat Nagari Sungai Kunyit

Nagari Sungai Kunyit Memiliki Struktur Perangkat Sbb : Wali Nagari Sekretaris Nagari Kepala Seksi (3 Orang) Kepala Urusan ( 2 Or...

Entri Populer