Selasa, 27 Agustus 2019

TP PKK Nagari Sungai Kunyit Berharap Lomba Cipta Menu B2SA Bisa Atasi Stunting


Sungai Kunyit, nagarisungaikunyit.blogspot.com- Sebanyak 8 TP-PKK Jorong yang ada di Nagari Sungai Kunyit mengikuti lomba cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di Aula Kantor Wali Nagari Sungai Kunyit, Senen (26/8/2019).

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Nagari Sungai Kunyit, Ny. Wigatik Rusnijal menjelaskan, menu B2SA ini sangat penting bagi ibu-ibu.

"Kita ketahui bersama secara nasional tingkat stunting anak-anak tinggi, dengan lomba ini diharapkan bisa mengatasi stunting di Nagari Sungai Kunyit.

Mengingat stunting dikarenakan ketidakseimbangan gizi yang masuk ke dalam tubuh," katanya.
Wigatik berharap, seusai lomba ini, peserta bisa menerapkan di keluarga masing-masing dan lingkungan sekitar.

"Kita semuanya adalah kader penggerak PKK, itu tugas kita semua untuk mengurangi dan mencegah stunting yang ada di Nagari Sungai Kunyit," tuturnya.

Adanya kegiatan ini masyarakat dapat membiasakan keluarganya untuk mengkonsumsi aneka menu makanan Beragam Bergizi Seimbangan dan Aman (B2SA).
Tentu dengan memanfaatkan sumber daya lokal di lingkungan setempat.
"Kalau bisa kedepannya menu B2SA tersebut menjadi ciri khas (unggulan) di wilayah masing-masing," katanya kepada admin, Senen (26/8/2019)

Selain itu, PKK setiap Jorong diharapkan dapat mensosialisasikannya kepada masyarakat terkait menu sajian B2SA.

"Bukan hanya sekedar tampilan atau sajiannya, akan tetapi juga kandungan gizi yang terdapat di dalam bahan makanan,' tuturnya.

Wali Nagari Sungai Kunyit, Rusnijal menambahkan, terkait sumber daya pangan perlu adanya pengembangan keanekaragaman sumber pangan.
"Saat ini sumber pangan pokok masih bergantung pada beras, sehingga diperlukan pengembangan sumber daya lokal seperti, umbi, jagung, pisang atau bahan lokal di sekitar lingkungan," katanya.

Adapun dalam lomba cipta menu B2SA itu diambil tiga juara. Juara dalam lomba tersebut yakni, Juara satu diraih PKK Jorong Mercu, Juara dua PKK Jorong Pasar Sungai Sungkai dan Juara tiga PPK Jorong Sungai Tangah.

Scribe/admin, Rusnijal.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Nama Nama Perangkat Nagari Sungai Kunyit

Nagari Sungai Kunyit Memiliki Struktur Perangkat Sbb : Wali Nagari Sekretaris Nagari Kepala Seksi (3 Orang) Kepala Urusan ( 2 Or...

Entri Populer