Senin, 26 Agustus 2019

LOMBA BAJU KURUNG BASIBA, ; TRADISI MINANG DAN WARISAN BAGI GENERASI MUDA

Sungai Kunyit, nagarisungaikunyit.blogspot.com- PemerintahNagari Sungai Kunyit menggelar lomba Baju Kurung Basiba, di Aula Kantor Wali Nagari Sungai Kunyit, Sangir Balai Janggo, Solok Selatan, Senin 26 Agustus 2019.

"Perlombaan ini untuk melestarikan tradisi adat dan budaya Minangkabau di Nagari Sungai Kunyit”, ujar Wali Nagari, Rusnijal, S. IP.

Rusnijal mengatakan, beragam adat dan kebudayaan di Ranah Minang harus diwariskan ke generasi muda. Termasuk dalam berpakaian adat Minangkabau.“Tujuan utama lomba ini tidak sekedar mencari yang terbaik saja, namun yang lebih penting adalah bagaimana adat dan budaya Minangkabau itu dapat dilestarikan bagi semua masyarakat khususnya generasi saat ini," ujarnya.

Rusnijal mengatakan, baju kurung basiba merupakan busana khas Minangkabau. Kepada Kaum Wanita diharapkan terus mengenakan pakaian khas itu dalam pelbagai acara, seperti acara Pernikahan, Yasinan dan Wirit-wirit, Pertemuan-pertemuan resmi lainnya.

Ketua TP-PKK Kecamatan, Ny. Sumara Muslim, dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara, menyampaikan Apresiasi kepada Pemerintah nagari dan TP-PKK Nagari Sungai Kunyit telah mengadakan lomba Baju Kurung Basiba.

‘Hendaknya dengan di adakannya acara ini dapat memupuk kesadaran Masyarakat bagaimana menggunakan pakaian yang baik dan sopan,” imbuh Sumara.

Perlombaan ini di ikuti oleh utusan Jorong se Nagari Sungai Kunyit, masing-masing Jorong mengutus 2 orang perwakilan.

Sebagai pemenang dalam perlombaan Baju Kurung Basiba, : Juara I Jorong Pasar Sungai Sungkai, Juara II Jorong Koto Sungai Kunyit dan Juara III juga di raih oleh Jorong Koto Sungai Kunyit.

Scribe/admin, Rusnijal.




















1 komentar:

Entri yang Diunggulkan

Nama Nama Perangkat Nagari Sungai Kunyit

Nagari Sungai Kunyit Memiliki Struktur Perangkat Sbb : Wali Nagari Sekretaris Nagari Kepala Seksi (3 Orang) Kepala Urusan ( 2 Or...

Entri Populer